Tujuh Keajaiban Dunia Bawah Air

Bukan hanya daratan, kehidupan di bawah air juga menyajikan keindahan dan kemegahan tersendiri. Baik yang berada di dalam laut, di bawah permukaan laut, maupun yang dikelilingi perairan. Beberapa kondisi bawah air yang ada di berbagai belahan dunia menampilkan keindahan yang sangat luar biasa yang mengeluarkan decak kagum bagi orang yang melihatnya.

Sama halnya dengan Keajaiban Dunia Alami yang tidak berdasarkan adanya suatu kesepakatan, beberapa orang menyusun daftar Tujuh Keajaiban Dunia Bawah Air.

Tujuh Keajaiban Dunia Bawah Air

Tujuh Keajaiban Dunia Bawah Air saat ini, antara lain :

1 Karang Penghalang Belize (Belize Barrier Reef)

merupakan salah satu sistem terumbu karang terbesar di dunia setelah Great Barrier Reef di Australia dengan panjang 186 mil. Terletak di Semenanjung Belize dan dikenal sebagai salah satu tempat penyelaman dan snorkeling terbaik di dunia.

2. Deep Sea Vents

ditemukan pertama kali pada tahun 1977, di dekat kepulauan Galapagos. Deep Sea Vents itemukan di Samudera Pasifik dan Atlantik dengan kedalaman rata-rata 2.100 meter. Dikenal sebagai ‘black smoker‘ atau perokok hitam, yaitu pengeluaran gas dan air panas karena aktifitas vulaknik.

3. Kepulauan Galapagos

merupakan kepulauan yang sangat indah yang terletak di 600 mil sebelah barat Ekuador. Terdiri dari 13 pulau-pulau berapi dan bebatuan. Galapagos merupakan salah satu daerah gunung berapi yang paling aktif di dunia.

4. Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef)

merupakan kumpulan terumbu karang terbesar di dunia  yang panjangnya lebih dari 2.600 km.Terletak di laut Koral, timur laut Australia. Karang Penghalang Besar ini dapat dilihat dari luar angkasa. Dipilih sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, pada tahun 1981.

5. Danau Baikal

terletak di Rusia. Dikenal dengan ‘Mata Biru Siberia’. Terkenal sebagai danau terdalam di dunia dengan kedalaman maksimum mencapai 1.642 meter. Usia danau ini diperkirakan 25-30 juta tahun yang menjaikannya sebagai danau paling kuno dalam sejarah geologi.

6. Laut Merah

laut yang membatasi benua Afrika dan Asia. Termasuk laut yang memiliki kadar garam tertinggi di dunia. Kedalaman maksimum laut ini mencapai 2.211 meter. Menjadi habitat bagi berbagai makhluk air dan koral.

7. Palau

adalah sebuah negara kepulauan kecil di Samudera Pasifik, 500 km sebelah timur Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994, dari wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang dipeirntah Amerika Serikat. Palau merupakan tempat tinggal untuk 1.ooo spesies ikan dan lebih dari 700 spesies karang. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.

 

^_^

*) gambar dari www.pixabay.com

Rate this article!
Tags: