Tujuh Keajaiban Dunia

Tujuh keajaiban dunia. Kita sering mendengar dan menyebut kata-kata itu. Tapi, apakah kita tahu siapa pencetusnya?

Adalah seorang pelancong Yunani kuno, dari Sidon, yang bernama Antipater. Ia merasa kagum dan takjub akan keindahan dan kemegahan tujuh bangunan yang telah dilihatnya kala itu. Kekaguman Antipater terhadap tujuh bangunan kuno itu dicetuskannya dalam sebuah puisi yang diciptakannya sekitar tahun 140 SM. Daftar tujuh bangunan yang mengagumkan Antipater itu kemudian menjadi sangat terkenal dan menjadi rujukan dalam menentukan Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.

Seiring berlalunya zaman, banyak hasil capaian dan temuan yang indah serta megah sementara waktu pembuatannya lebih baru bila dibandingkan dengan daftar tujuh bangunan Antipater dulu. Oleh karena itu, maka Keajaiban Dunia dikelompokkan berdasarkan waktu pembuatannya, yaitu :

  1. Tujuh Keajaiban Dunia Kuno
  2. Tujuh Keajaiban Dunia Pertengahan
  3. Tujuh Keajaiban Dunia Baru
  4. Tujuh Keajaiban Dunia Modern
  5. Tujuh Keajaiban Dunia Alami, dan
  6. Tujuh Keajaiban Dunia Bawah Air
  1. Tujuh Keajaiban Dunia Kuno

Adapun Tujuh Keajaiban Dunia Kuno (berdasarkan daftar Antipater), antara lain :

1 Kolosus di Rodos (Colossus of Rhodes)

Kolosus di Rodos, berupa patung perunggu Helios, Sang Dewa Matahari. Patung yang sangat besar dengan tinggi 30 m, dibuat sekitar tahun 292 SM hingga 280 SM oleh Chures. Keberadaannya sekarang termasuk ke dalam wilayah Yunani.

2. Taman Gantung Babilonia (Hanging Gardens of Babylon)

Taman Gantung Babilonia dibuat oleh Raja Nebukadnezar II, sekitar abad ke-8 SM hingga abad ke-6 SM. Dibangun oleh Raja Nebukadnezar II untuk istri kesayangannya. Taman dengan loteng bersusun tinggi, sekitar 25-100 meter ini ditanami tumbuhan tropis yang berbunga indah dan pohon-pohon palem. Penyiraman untuk tanaman di taman ini mengambil air dari Sungai Efrat. Taman gantung ini telah lama musnah. Keberadaannya sekarang termasuk ke dalam wilayah Irak.

3. Mausoleum Halicarnassus (Mausoleum at Halicarnassus)

Mausoleum Halicarnassus merupakan makam yang dibangun oleh Ratu Artemisia untuk mengenang suaminya, Raja Mausolus (dari Carla), pada tahun 353-351 SM, di kota Halicarnassus, Turki.

4. Mercusuar Iskandariyah (Lighthouse of Alexandria)

Mercusuar Iskandariyah (Pharos of Alexandria), merupakan sebuah bangunan mercusuar yang tingginya mencapai sekitar 130 meter. Dibangun sekitar 270 SM, di Pulau Pharos, di dekat Alexandria, pada masa pemerintahan Ptolemeus II, oleh arsitek Yunani, Sostratus. Bangunan tersebut masuk ke dalam wilayah Turki (sekarang) dan telah dihancurkan pada tahun 1326.

5. Piramida Giza (Great Pyramid of Giza)

Piramida adalah makam raja-raja Mesir Kuno. Piramida Giza digunakan untuk Firaun Mesir Khufu, Khafre, dan Menkaure. Tingginya skeitar 160 meter, terdiri dari 2.300.000 buah batu. Dibangun pada Dinasti ke-4 Mesir (2575-2465 SM) selama 20 tahun, oleh 100. 000 tenaga manusia.

6. Patung Zeus (Statue of Zeus)

Patung Zeus adalah patung yang terbuat emas. Tingginya sekitar 14 m. Didirikan di Olympia (sekarang termasuk wilayah Yunani) pada abad ke-5 SM, dipahat oleh Fidias, seorang pemahat Yunani.

7. Kuil Artemis (Temple of Artemis)

Kuil Artemis merupakan kuil terbesar di Yunani. Ukurannya sekitar 70 x 140 meter. Dibangun pada tahun 550 SM, dalam kurun waktu sekitar 120 tahun. Kuil ini terletak di Efeseus, sekarang termasuk ke dalam wilayah Turki.

***

Satu-satunya Tujuh Keajaiban Kuno yang masih ada hingga saat ini adalah Piramida Giza.

Kandidat Keajaiban Dunia Kuno :

Beberapa Bangunan/Bentukan Keajaiban Dunia Kuno yang masuk dalam Finalis Daftar Keajaiban Dunia Kuno, adalah :

  1. Acropolis di Yunani
  2. Candi Borobudur, di Magelang, Indonesia
  3. Chichen Itza, di Yucatan, Meksiko
  4. Kastil Falak-ol-Aflak, di Persia
  5. Komplek Candi Angkor Wat, di Kamboja
  6. Machu Picchu, di Peru
  7. Persepolis, di Persia
  8. Sphinx Besar Giza, yang terletak di dekat Piramid Besar (Great Pyramid), di Mesir
  9. Tembok Besar Gorgan, di Persia
  10. Ziggurat Ur, di Mesopotamia (sekarang Irak)

 

(bersambung ke sini : tujuh keajaiban dunia petengahan)

*gambar diambil dari www.pixabay.com

Rate this article!
Tujuh Keajaiban Dunia,5 / 5 ( 1votes )
Tags: